Sahabat BlogKu

like FB

Jangan Lupa Ninggalin komentar yah....!! Thank's

Selasa, 10 Mei 2011

Bukan "Sebatas Mimpi"

Punya banyak piala…..! memang jadi obsesiku. Dulu….! Karena waktu kecil, aku sering menonton ataupun membaca profil tentang orang2 succes yang kebanyakan mereka pasti memiliki banyak penghargaan atau mengoleksi piala. Misalkan saja siswa yang mengikuti kejuaraan ataupun olimpiade. Sungguh saya sangat bangga dan kagum kepada mereka sehingga saya pun termotifasi untuk menjadi seperti mereka, punya banyak penghargaan. Ingin rasanya dikamarku terpampang banyak penghargaan dan piala dari hasil karya atau kompetisi yang saya ikuti. Memang sempat terwujud, saat mendapatkan piala pertama ketika menjuarai lomba tartil Al-Qur’an waktu kecil (SMP). Namun, itu semua menjadi boomerang tersendiri bagiku karna satu2nya yang mendapatkan tropy pada saat itu adalah saya seorang…!! Hehehe (maklum, ternyata piala itu merupakan sumbangan dari orang tua sebagai wujud kebanggaan atas prestasiku), yang membuatku malah merasa kurang puas dan memang belum terpuaskan. Tp, sebelum lebih lanjut membicarakan tentang piala, ada yang perlu diketahui bahwa kegiatan/perlombaan di daerah saya (sape) sangat jarang memberikan hadiah dalam bentuk piala namun lebih sering dalam bentuk barang atau uang. Misalnya saat saya mengikuti dan menjuarai lomba cerdas-cermat SD, lomba siswa teladan SD, lomba mata pelajaran SD, lomba olimpiade SMP, cerdas cermat SMP, Cerdas cermat SMA, Olimpiade SMA dan lomba debat SMA. Walaupun ada beberapa yang mendapatkan hadiah berupa piala, namun semuanya disimpan kembali atau lebih tepatnya diambil oleh sekolah. Hum,,, padahal saya sungguh sangat terobsesi dengan yang namanya piala.

Akhirnya rasa kerinduanku untuk mengoleksi piala/penghargaanpun terwujud juga setelah menginjakkan kaki di tanah pendidikan Yogyakarta. Selama 4 tahun di jogja tidak banyak kompetisi dan perlombaan yang saya ikuti mulai dari lomba penelitian, lomba debat, menulis artikel dll. baik skala fakultas sampai skala nasional. Dari sekitar 24 kompetisi dan perlobaan yang pernah saya ikuti hanya 11 yang berhasil mendapatkan juara, dan dari sebelas kali mendapatkan juara hanya 5 penghargaan yang kemudian tropinya berhasil ku koleksi. Karna yang lain hadiahnya dalam bentuk barang dan uang.




Piala pertama kudapatkan saat mengikuti ajang lomba debat tingkat fakultas. Itu terjadi pada tahun 2007 yang lalu. Yah,,, saya berhasil mengoleksi piala hanya selang beberapa bulan setelah saya mulai menginjakkan kaki pertama di universitas. Ada beberapa hal yang menarik dalam kompetisi itu, yang pertama adalah semua pesertanya adalah kakak angkatan kami dan tim kami (saya, yuli estrian dan rakhma) adalah satu2nya peserta angkatan 2007 (semester 1) namun pada akhirnya kami berhasil menaklukan semua peserta yang lain dan berhasil mendapatkan peringkat pertama dalam ajang kompetisi tersebut. Selain itu, setelah ajang tersebut dilaksanakan tim kamipun mulai dikenal dan disorot (hum,,, bahasa krennya mulai diperebutkan) oleh organisasi2 kampus. Yah,,, begitulah………….!!



Piala selanjutnya adalah dari lomba karya tulis ilmiah fisika tingkat fakultas yang diadakan oleh HIMA FISIKA UNY. Hum,,, kompetisi ini menjadi sebuah kompetisi wajib bagi saya tiap tahunnya. Tiap tahunpun, perlombaan ini semakin berkembang, mulai dari hadiah, jumlah peserta dan seleksi karyanya. 3 tahun berturut2 saya mengikuti lomba/kompetisi ini dan 3 kali mendapatkan peringkat pertama dalam kompetisi tersebut.

Tahun 2008, dengan karya berjudul “Pembuatan briket berbahan daun pohon jati (tectona grandis) sebagai alternatif bahan  bakar rumah tangga” berhasil meraih peringkat pertama setelah mengalahkan 3 tim yang lain.


Tahun 2009, dengan karya berjudul “Light Reflection Botol Compack Disk (Lirebocard) sebagai alat destilasi air minum dengan memanfaatkan energi surya” berhasil menyingkirkan 8 tim lainnya dan keluar sebagai juara pertama pada saat itu


Dan pada tahun 2010, dengan judul karya “efisiensi motor listrik  dengan memanfaatkan perputaran roda dengan sistim elektrodinamika sebagai penghasil energi listrik mandiri guna mewujudkan sentra industri transportasi berbasis energi mandiri” berhasil keluar sebagai juara pertama lagi.




Selain itu, ada satu penghargan lagi yang aku dapatkan yaitu penghargaan prestasi mahasiswa tahun 2010. Penghargaan ini merupakan penghargaan khusus dari kampus sebagai wujud apresiasi terhadap mahasiswa2 yang berhasil mengharumkan nama kampus dalam segala bidang baik tingkat regional, nasional maupun internasional. Penghargaan ini saya dapatkan setelah menjadi runner up dalam ajang “Experimental work Competition” di UKSW salatiga Jateng. Dengan judul karya “Inovasi alat pengempa briket daun jati skala rumah tangga”, sebagai peserta lomba debat nasional ”aku untuk Indonesiaku” di UK Petra Surabaya dan Peserta Konverensi Energi Nasional Mahasiswa Indonesia di ITB Bandung






Selai itu, ada dua tropi lagi yang menjadi penghias kosku kini yaitu tropi sebagai peserta dalam ajang kompetisi futsal yang di adakan oleh mahasiswa Bima di Yogyakarta dan tropi LA AWARDS yang merupakan tropi buatan ku sendiri sebagai penghargaan kepada adek2 ku yang memiliki nilai IP semester terbaik. Namun, karna yang berhasil mendapatkannya adalah abdul khair dan kosku adalah kos kedua baginya. Akhirnya, tropy itupun disimpan di kosku.



Yang terakhir, berupa plakat berwarna hitam n putih, sebenarnya itu bukan penghargaan buatku. Namun itu adalah plakat wisuda dari kakak angkatan dari bima yang belum sempat mengambilnya di kampus. Jadi dari pada terabaikan dikampus, akhirnya saya bawa pulang deh,,, InsyaAllah akan diberikan kepada yang punya hak atas plakat tersebut setelah saya kembali/mudik ke bima…..!!

Sebenarnya, saya menulis ini bukanlah  ingin memamerkan/menyombongkan diri. Tp, hanya ingin sekedar berbagi cerita dan pengalaman kepada teman2 dan mengembangkan kemampuan menulis saya. Yah,,, iseng2 pengen nyari ide buat nulis, eh malah yang terlintas adalah tentang tropi. Selain itu sebagai wujud penyemangat dan motivasi juga buat diri dan juga adek2ku yang sekarang sedang melanjutkan studinya di jogja. Abis,, setiap mereka kekos, pajanganku itu (yang jelas bukan berhala loh…) menjadi perhatian utama bagi mereka…..!!


Semoga, ini bukanlah akhir dari petualanganku mengoleksi piala/penghargaan. Karna masih ada penghargaan yang lain yang lebih dan sangat ingin saya dapatkan dan berharap ini bukanlah "sekedar mimpi", karna aku yakin bisa mewujudkannya. InsyaAllah.:

Istri solehah………….
  


Harta yang Barokah…..


Anak yang berbakti ………….


Khusnul Khotimah………



Syurga Firdaus…………




Amin.....................!!

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...