Sahabat BlogKu

like FB

Jangan Lupa Ninggalin komentar yah....!! Thank's

Rabu, 29 Februari 2012

Beberapa Hal di Jogja yang tak terlupakan (VERSI LA)


Sudah lama rasana tidak lagi nulis dblogku,,, sebenarnya saya punya banyak hal yang yang telah saya tulis, namun akhirnya tidak sempat saya posting karna jarang ke warnet....!! humm,,, mumpung hari ini hari trakhir bulan februari n biar "archives" dibulan februari terlihat lumayan banyak,,, jadi terpaksa deh saya posting banyak2 hari ini....

Tmen-tmen, supaya kita terlatih dalam dunia tulis menulis, yuk mulai sekarang kita coba tuangkan apa yang ada dalam pikiran kita menjadi sebuah tulisan. Sebab dengan tulisanlah kita bisa berbagi suka maupun duka. Dengan tulisan kita bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Dan dengan tulisan pula—kita membuat sejarah tentang diri kita sendiri. Bolehlah kita adopsi peribahasa : Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Namun tambahlah dengan : Mahasiswa mati meninggalkan cerita.
 Berkaitan dengan judul di atas, sayapun menulis seadanya.... yah,, inilah hal2 yang berkesan di jogja menurut saya....

1.      Kampus, Kota Pelajar

Siapapun itu—asalkan dia termasuk warga negara Indonesia—pasti tahu betul kalo Jogja adalah kota pelajar. Bahkan status kota pelajar ini sudah melekat dalam benak kita sejak duduk di Sekolah Dasar. Dengan status itu—Jogja menjadi kota tujuan utama seseorang yang ingin menimba ilmu. Dari Sabang sampai Merauke—bahkan dari luar negeri—manusia haus ilmu berbondong-bondong menuju ke Jogja demi menapaki cita-citanya.
Status Jogja sebagai kota pelajar cukup beralasan. Tidak sekedar fenomena kaum pelajar yang menghiasi jalan raya setiap paginya—tapi juga kenyataan bahwa banyak kampus yang berdiri kokoh di kota ini. Ada ratusan Perguruan Tinggi yang ada di Jogja—mulai dari yang negri sampai swasta, dari Universitas sampai politeknik, dari yang Terakreditasi hingga yang hanya diakui.
Dikenalnya Jogja sebagai kota pelajar tidak terlepas dari keberadaan UGM—Universitas Gajah Mada—sebagai sebagai universitas tertua di Indonesia. Kini Universitas ini mampu menampung puluhan ribu mahasiswa setiap tahunnya. Tidak hanya itu, sejarah pendidikan modern di Indonesia sepertinya juga tidak bisa dipisahkan dari Jogjakarta. Kalo pernah mendengar istilah sekolah tamansiswa—yang dahulu didirikan oleh Ki Hajar Dewantara—ternyata lokasinya juga di  Jogjakarta.
 
2.      Kenyamanannya
Orang jogja yang ramah atau juga sering dikenal dengan tepo seliro- nya mengundang decak kagum akan keluhuran budi pekertinya. Hal ini yang kemudian amat dirasakan orang dari luar kota, apalagi baru pertama kalinya kesini (seperti saya.he..) merasakan bgt kehangatan penerimaan masyarakat disini. Kultur 5 S dapat sering kita temuin disini. Gak percaya..?
3.      Malioboro
Ada lagu yang indah di Malioboro…
Masih ingat lagu yang dinyanyikan Doel Sumbang di era tahun 90-an itu? Ya…

4.      Gudeg
Manis..itu kesan yang muncul divbc bhk jujj nm

5.      Sepedha Onthel
6.      Kraton
7.      Pantai
8.      Angkringan
9.      Pameran Buku
10.  Delman/Dokar
11.  Masjid Kampus
12.  Trans Jogja
13.  Monumen Jogja Kembali
14.  Pasar Beringharjo
15.  Batik
16.  Demonstrasi
17.  Gempa Bumi 2006
18.  Gunung Merapi
19.  Taman Pintar
20.  Pasar Klitikan
21.  Banyak Bule
22.  SunMor alias Sunday Morning
23.  UNYku
24.  Taman Sari
Pameran Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...