Sahabat BlogKu

like FB

Jangan Lupa Ninggalin komentar yah....!! Thank's

Minggu, 02 Januari 2011

Momentum dan cita2

Mendengar kata Fisika, tentu dalam pikiran kita terbayang rumus-rumus dan angka-angka yang sangat rumit yang sangat tidak enak untuk dilihat apalagi untuk dikerjakan dengan penuh semangat. Memang jika dilihat dari sudut pandang Mata Pelajaran ataupun Mata Kuliah, bisa dibilang Fisika merupakan suatu hal yang sangat membosankan. Namun, jika kita mengubah sudut pandang kita, ternyata Fisika juga menyimpan sesuatu yang menarik untuk dibahas dan dibicarakan.

Dulu waktu SMA, tentu kita mengenal yang namanya momentum, itu lho yang biasa dirumuskan sebagai hasil dari perkalian antara massa dan juga kecepatan atau bisa juga disebut perubahan kecepatan. Ingat nggak?Kalau nggak ingat, coba anda buka kembali buku – buka anda di waktu SMA lagi deh, pasti anda akan ingat. Kalau ternyata diantara buku – buku anda tidak anda temukan rumus momentum, berarti anda dulu bukan jurusan IPA, Hehehe..


Kembali pada momentum, kita semua mungkin sudah tahu bahwa momentum merupakan hasil perkalian antara massa dan kecepatan. Namun, tahukah anda bahwa momentum merupakan salah satu bukti bahwa ternyata Fisika memang refleksi dari kehidupan?

Dalam kehidupan nyata, momentum bisa dianalogikan sebagai perubahan atau kesuksesan. Sedangkan massa dan kecepatan, keduanya bisa dianalogikan sebagai keinginan(cita - cita) dan juga usaha. Karena momentum merupakan hasil perkalian antara massa dan kecepatan, maka momentum akan bernilai nol ketika massa, kecepatan, atau kedua-duanya bernilai nol. Artinya, tanpa usaha, impian tidak akan pernah menjadi nyata, begitupun sebaliknya tanpa keinginan dan cita – cita, usaha pun tidak akan tidak akan mendapatkan hasilnya karena usaha sendiri merupakan wujud nyata dari keinginan dan cita - cita.

Kalau kita sudah tahu bahwa massa = cita – cita, dan kecepatan = usaha, dapat kita simpulkan momentum atau dalam konteks ini kita analogikan sebagai Kesuksesan akan bernilai maksimal jika massa dan kecepatan dalam keadaan maksimal. Namun, satu hal yang perlu anda ingat, suatu benda bermassa memiliki batas kecepatan maksimum yang jika benda tersebut melaju dengan kecepatan yang melampaui batas kecepatan maksimum yang dibolehkan, benda tersebut akan hancur. Artinya, seberapapun besarnya keinginan dan cita – cita kita, kita tetap memiliki keterbatasan yang harus kita sadari. Jangan sampai cita – cita dan keinginan kita malah membunuh karakter dan diri kita sendiri sehingga akhirnya kita menghalalkan segala cara untuk mewujudkannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...