Sahabat BlogKu

like FB

Jangan Lupa Ninggalin komentar yah....!! Thank's

Selasa, 09 Juli 2013

Prediksi awal Ramadhan


Tulisan ini merupakan salah satu postingan saya di Facebook pada tanggal 5 juli...

Alhamdulillah, sebentar lagi kita akan tiba dibulan yang penuh berkah yaitu bulan Ramadhan. Seperti biasa, nampaknya akan ada perbedaan lagi saat memulai bahkan mengakhiri Ramadhan tahun ini. Adanya perbedaan mengawali Ramadhan dikarenakan cara penentuan/metode yang berbeda.

Ada dua metode yang biasa digunakan dalam menetukan awal bulan, ada yang dengan metode WujudulHilal (WH) dan ImkanurRukyat (IR)….!! Terang saja, pertentangan antara kedua penganut metode ini mengingatkan saya pada istilah El Clasico. Muhammadyah telah mengeluarkn surat edaran bahwa 1 ramadhan jatuh pada tanggal 9 juli 2013 dengan menggunakan metode WH. Sedangkan ormas2 Islam lainnya dengan menggunakan metode IR menetapkan 1 ramadhan pada tanggal 10 juli 2013.
Lantas kenapa hal demikian bisa terjadi…? Mari kita pahami dulu perbedaan antra kedua metode tersebut.

Wujudul Hilal
Metode ini biasa digunakan oleh Muhamadiyah dalam menentukan awal bulan hijriyah…. Ada tiga syarat yg harus terpenuhi agar dikatakan bulan baru
1) Telah terjadi ijtimak (conjungsin) atau biasa disebut New Moon,
2) bulan baru/ijtimak terjadi sebelum Matahari terbenam,
3) Saat Matahari terbenam, piringan atas Bulan masih berada di atas ufuk

Imkanur Rukyat
kriteria Imkanur Rukyat (IR) mempunyai syarat
1) ketinggian minimal 2 derajat,
2) jarak bulan-matahari minimal 3 derajat, dan
3) umur bulan minimal 8 jam

Nah,, untuk melihat apakah Ramadhan tahun ini akan terjadi perbedaan atau tidak. saya menggunakan softwere Accurate Time 5.3.6 dan Stellarium. lokasi data di denpasar BALI (data untuk bima maupun mataram belum ada pada accurate time)

Dengan menggunakan data accurate time dan stellarium, visualisasi posisi bulan pada tanggal 8 juli akan mendapatkan hasil
Waktu Ijtimak : 14:15 LT
Matahari Terbenam : 17:13 LT
Bulan Terbenam : 17:16 LT
Saat Matahari Terbenam
Umur Bulan : +03H 02M (3 jam 2 menit)
Elongation : +04°:42':30"

Sedangkan pada tanggal 9 juli
Matahari Terbenam : 17:14 LT
Bulan Terbenam : 18:04 LT
Saat Matahari Terbenam
Umur Bulan : +27H 50M (27 jam 50 menit)
Elongation : +13°:37':14"

Dengan demikian bagi penganut metode WH, ketiga criteria telah terpenuhi pada tanggal 8 juli, maka akan memulai 1 Ramadhan pada tanggal 9 juli 2013. sedangkan yang berpedoman pada metode IR, syarat terpenuhi pada tanggal 9 juli dan akan memulai Ramadhan pada tanggal 10 Juli 2013. Namun, 1 Ramadhan akan diputuskan pada saat sidang itsbat 8 Juli nanti yg pastinya kemungkinan besar jatuh pada tanggal 10 juli dan seperti biasa, Muhammadiah akan tetap dan pasti memulai Ramadhan lebih dulu pada tanggal 9 juli.

Terlepas dari kapan kita memulai Ramadhan, yang terpenting adalah mari kita mempersiapkan diri sebaik mungkin agar kita bisa bersiap seoptimal mungkin menghadapi bulan suci Ramadhan 1434 H. Semoga kita diberikan umur agar bisa bertemu dengan Bulan Ramadhan 1434 H dan bisa beribadah semaksimal mungkin, Amiin. (Wallahu'alam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...