Sahabat BlogKu

like FB

Jangan Lupa Ninggalin komentar yah....!! Thank's

Jumat, 07 Januari 2011

PROSPEK MOTOR LISTRIK DENGAN MEMANFAATKAN PERPUTARAN RODA KENDARAAN BERMOTOR SEBAGAI PENGHASIL ENERGI LISTRIK MANDIRI YANG RAMAH LINGKUNGAN


Oleh:
Syahrul Ramadhan
Universitas Negeri Yogyakarta

Pemanasan global membangkitkan fenomena perubahan iklim yang dapat menyebabkan bencana lingkungan dari skala paling kecil sampai dengan bencana lingkungan dahsyat yang berpotensi meluluhlantahkan kehidupan di bumi. Disisi lain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan majunya berbagai bidang dalam sektor kehidupan. Seiring dengan fenomena itu maka berdampak dalam tingkat kehidupan manusia. Fenomena tersebut membuat kebutuhan manusia semakin meningkat salah satunya yaitu kebutuhan akan transportasi dan energi listrik  untuk keperluan hidup sehari-hari dimana sumber energinya sebagian besar berasal dari bahan bakar fosil yang merupakan penyumbang terbesar terjadinya pemanasan global.

Salah satu solusi yang ditawarkan dalam  mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara membuat suatu inovasi baru dengan memanfaatkan limbah yang tidak digunakan dari hasil aktifitas manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari- hari yaitu pemanfaatan enegi listrik yang dihasilkan perputaran roda kendaraan bermotor sebagai penghasil energi listrik mandiri yang ramah lingkungan. Adapun tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah Untuk mendeskripsikan cara pemanfaatan perputaran Roda menjadi energi listrik pada sepeda motor listrik dan dapat mengetahui prospek pemanfaatan sepeda motor listrik sebagai penghasil energi listrik mandiri yang ramah lingkungan.
       Penulisan ini mempunyai dua manfaat, yaitu manfaat praktis dan akademis . Manfaat praktisnya yaitu Memberikan alternatif solusi dalam bidang lingkungan dan kemasyarakatan terkait dengan permasalahan pemanasan global dan krisis energi yaitu dengan mengoptimalkan perputaran roda pada kendaraan sepeda motor listrik, memberikan informasi kepada pembaca mengenai pemanasan global dan krisis energi yang dialami oleh Indonesia dan berbagai upaya untuk menyelesaikannya selain itu memberikan informasi kepada pembaca mengenai pendayagunaan perputaran roda kendaraan menjadi sumber energi yang bisa dimanfaatkan kembali oleh kendaraan. Sedangkan manfaat Akademisnya yaitu Menambah khasanah keilmuan khususnya di bidang IPTEK. Sebagai bahan studi kasus bagi pihak atau daerah lain dalam memanfaatkan potensi-potensi alam yang mampu meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat.
   Cara pemanfaatan perputaran roda menjadi energi listrik pada sepeda motor listrik yang pertama adalah menyiapkan sepeda motor listrik,. Kemudian membuat dinamu pada sepeda motor listrik (ruang tromol) setelah itu menghubungkan antara dinamu pada tromol dan aki dengan menggunakan kabel penghubung. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan antara aki dengan rangkaian inverter dengan menggunakan kabel penghubung. Arus pada aki adalah arus bolak-balik (AC) sedangkan arus yang dibutuhkan dalam sistim charger adalah arus searah (DC) sehingga kita membutuhkan alat elektronika yang bisa mengubah arus listrik dari AC ke DC, yaitu rangkaian inverter. Selanjutnya adalah menghubungkan antara rangkaian inverter dengan stabilizer dengan menggunakan kabel penghubung. kemudian stabilizer dihubungkan dengan sistim pengecasan pada motor listrik. Sepeda motor listrik yang hemat energi siap untuk dikendarai. Dari hasil analisis besar energi listrik yang dihasilkan dengan kecepatan 20 km/jam dan dengan perbandingan puli sebesar 1 : 2,8 selama satu jam adalah 30 Wh, sedangkan untuk kecepatan 50 km/jam adalah sebesar 78,1264 Wh.
Prospek pemanfaatan sepeda motor listrik dengan memanfaatkan perputaran roda sangat baik untuk kedepannya karena motor listrik yang dikembangkan oleh negara lain sekarang, masih membutuhkan energi listrik  dari sumber lain dan  harga  yang biasa dipasarkan sekarang cukup mahal atau sulit dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat karena berasal dari bahan baku yang yang sulit diperoleh (barang impor). Tetapi inovasi yang peneliti tawarkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat karena dengan memanfaatkan perputaran roda dengan sistim elektrodinamika sebagai penghasil energi listrik mandiri dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau Energi listrik sebagai penggeraknya mudah diperoleh  yaitu memanfaatkan energi listrik yang dihasilkan dari energi gerak pada roda kendaran bermotor tersebut. Sumber energy listrik yang terdapat dalam motor listrik ini tidak berasal dari sumber energy listrik yang berasal dari fosil, gas alam dan lain sebagainya tetapi menggunakan suatu gaya yang tidak termanfaatkan yaitu gaya perputaran dari roda kendaraan bermotor. Dengan demikian prospek pemanfatan perputaran roda menjadi energi listrik pada sepeda motor listrik sebagai penghasil energi listrik mandiri yang ramah lingkungan memiliki prospek yang tinggi sebagai unit usaha sekaligus mengurangi dampak pemanasan global dan mengatasi kelangkaan BBM.

Ket : Karya ini berhasil meraih penghargaan pertama dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Fisika yang diadakan oleh Hima Fisika UNY serta sebagai peserta dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan oleh Unpad Bandung dan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan oleh UNS surakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...