Sahabat BlogKu

like FB

Jangan Lupa Ninggalin komentar yah....!! Thank's

Minggu, 02 Januari 2011

Fenomena Osilasi

Alhamdulillah, akhirnya setelah sekian lama terhenti, kali ini LA lewat "Memaknai kehidupan dengan fisika" lagi-lagi mencoba menjelaskan konsep fisika yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari Versi LA....!! bagi teman2 yang punya ide atau saran mohon disampaikan yah...!!

*OSILASI*
Osilasi, sebuah kata yang sering didengar dan ditemui dalam dunia fisika, yang mana maknanya adalah kira-kira menunjukkan suatu kejadian perulangan akan sebuah kejadian atau menunjukkan sebuah fenomena keterulangan. Proses keterulangan ini terjadi pada saat curva naik mencapai titik maksimum dan berikutnya secara otomatis curva ini akan turun kembali mencapai titik terendah atau minimum. Contoh osilasi dapat dilihat pada sebuah grafik naik turun sinus atau grafik gelombang suara yang menunjukkan naik turunnya gelombnag suara pada titik extrim atas dan bawah alias maksimum dan minimum.


Fenomena osilasi tidak hanya terjadi pada dunia fisika atau tidak hanya didominasi oleh contoh-contoh di bidang fisika, namun nyatanya fenomena ini adalah fenomena alamiah ilmiah yang terjadi didalam kehidupan manusia sesungguhnya.

Semua contoh-contoh tersebut diatas mengalami pergantian secara alamiah dari keadaan maksimum kepada keadaan minimum. Perubahan atau pergantian itu pasti disebabkan oleh faktor pemicu yang sangat dominan diantaranya adalah energi.

Sehat dan sakit adalah contoh lain dari osilasi. Saat tubuh dipacu bekerja maka tubuh akan mengeluarkan segala daya dan energi yang dimilikinya untuk menghasilkan karya yang diharapkan. Tubuh akan mencapai titik maksimum dalam penggunaan energinya atau tubuh mencapai beban maksimum, namun lambat laun energi nya akan berkurang dan terus berkurang sehingga akhirnya tubuh meminta agar terjadi recovery energy dan semua beban yang overload di hilangkan darinya. Response yang paling alami dan ilmiah muncul adalah timbulnya rasa sakit atau tubuh jatuh kekeadaan sakit. Keadaan ini adalah salah satu cara yang dilakukan tubuh melalui perintah otak agar tercipta keadaan energy minimum. Namun untuk menghindarkan terjadinya kondisi sakit, tubuh menciptakan kondisi alert yaitu berupa tanda-tanda kelelahan. Oleh karenanya tubuh meminta istirahat bagi recovery energynya. Recovery ini adalah salah satu cara agar tubuh mendapatkan kembali kondisi energi minimum.

Dari segi kehidupan, kita melihat bahwa ketika seorang manusia terkadang berada diatas dan terkadang berada dibawah, artinya ada masa2 dia memiliki semangat yang luar biasa dan terkadang dia merasa jenuh dengan segala sesuatu yang ada. Hal seperti ini adalah wajar, karna manusia pada dasarnya memiliki rasa jenuh terhadap segala sesuatu yang dilakukannya. Selain itu kita bisa melihatnya sebagai sebuah siklus bahwa ketika ada kegagalan pasti ada keberhasilan. Tidak mungkin seseorang selamanya berada dalam keberhasilan ataupun selalu terpuruk dalam kegagalan. Mungkin lebih tepatnya bias kita samakan dengan analog “roda”…..!
Wallahu'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...