Sahabat BlogKu

like FB

Jangan Lupa Ninggalin komentar yah....!! Thank's

Minggu, 02 Januari 2011

TIPS MEWUJUDKAN CITA-CITA ALA RUMUS FISIKA


Mungkin, teman2 tergelitik juga ketika membaca judul diatas. Hum, apa benar nih rumus fisika juga bias dipakai sebagai cara untuk mewujudkan cita2. Masa iyah,,? Saya yakin, bagi teman2 yang memang basicnya fisika sudah sangat paham dan terbiasa dengan ungkapan2 seperti yang akan saya jabarkan ini. Nah, pada kesempatan kali ini LA hanya akan memaparkan 2 rumus saja, yaitu tentang konsep usaha dan konsep gaya. Loh….! Trus hubungannya dengan cita2 apa…?, penasarankan, ya udah silahkan baca aja artikel dibawah ini.

 ·        Usaha
Kita telah mengetahui bahwa pada dasarnya ada perbedaan antara usaha dalam kehidupan sehari-hari dengan usaha sebagai sebuah besaran dalam fisika, “usaha” dalam fisika memiliki pengertian yang khas. Usaha dalam fisika hanya dilakukan oleh gaya yang bekerja pada benda, dan suatu gaya dikatakan melakukan usaha pada benda hanya jika gaya tersebut menyebapkan benda berpindah. Dalam fisika usaha didefinisikan sebagai hasil kali komponen gaya searah perpindahan (Fx) dengan besar perpindahannya (s). dan secara matematis didefinisikan sebagai.

W=F x S.

Dalam pengaplikasiannya di kehidupan sehari bias kita maknakan begini, ketika kita memiliki sebuah obsesi atau cita-cita, dimana cita2 itu kita analogkan sebagai usaha (w), harus kita ikut sertakan gaya yang ada dalam tubuh kita dan gaya dalam tubuh kita ini bias diartikan sebagai semangat atau motivasi serta keinginan kuat kemudian dibarengi dengan perpindahan atau bergerak untuk mewujudkan cita2 (langkah kongkrit) perpindahan. Sehingga kita bisa melihat bahwa ketika kita hanya memiliki angan2 ataupun semangat yang tinggi untuk meraih sebuah cita-cita tanpa adanya langkah kongkrit maka hasilnya adalah nol, artinya kita tidak mungkin bisa meraih impian kita. Sehingga untuk meraih kesuksesan dibutuhkan yang namanya motivasi/keinginan kuat dan langkah kongkrit.

W=F x S.
Cita2 = semangat n motifasi x langkah kongkrit
·        Gaya
Dalam fisika Gaya (F) diartikan sebagai perpaduan antara massa (m) dengan percepatan atau grafitasi (g), atau secara matematis dapat dituliskan :
F = m x g
Dalam kehidupan sehari-hari kita bias menganalogkan bahwa gaya (F) adalah semangat atau motifasi, sedangkan massa adalah segala sesuatu yang berasal dari diri sendiri. Karna, secara fisika massa merupakan jumlah partikel dari benda tersebut dan dia tidak terpengaruh oleh grafitasi, berbeda dengan konsep berat. Hal inilah yang membuat saya menganalogkan massa sebagai sumber dalam diri manusia. sedangkan grafitasi atau percepatan adalah segala sesuatu atau sumber semangat yang berasal dari luar, bias dari orang lain ataupun lingkungan serta ketersediaan sarana dan prasarana. Karna secara fisika grafitasi itu bersumber dari luar benda.
Jadi
F = m x g
semangat n motifasi = kemauan dalam diri x dukungan dari luar (lingkungan, orang lain dll)

kita kembali lagi pada konsep usaha bahwa usaha adalah
W=F x S.
Cita2 = semangat n motifasi x langkah kongkrit

Karna, F= m x g
semangat n motifasi = kemauan dalam diri x dukungan dari luar (lingkungan, orang lain dll)

Maka, W = m x g x s
Cita2 = kemauan dalam diri x dukungan dari luar (lingkungan, orang lain dll) x langkah kongkrit
So, cita2 kita akan terwujud jika, kita memiliki kemauan dalam diri kita serta mendapat dukungan dari orang lain n lingkungan setelah itu kita wujudkan dengan cara kita melakukan langkah kongkrit untuk mewujudkan cita2 tersebut. Wallahu’alam
*dedicated for my self

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...