Salam

Sahabat BlogKu

like FB

Jangan Lupa Ninggalin komentar yah....!! Thank's

Kamis, 06 Januari 2011

“STEP BODY” (THE STORAGE OF ELECTRICITY POWER BASED ON DYNAMIC ELECTRO) SEBAGAI PENAMPUNG ENERGI LISTRIK ALTERNATIF DENGAN PRINSIP ELEKTRODINAMIKA PADA PERGERAKAN RODA KENDARAAN BERMOTOR


ABSTRAK
Oleh :
Syahrul Ramadhan, Sri lastuti dan Anisa
Universitas Negeri Yogyakarta

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan majunya berbagai bidang dalam sektor kehidupan. Seiring dengan fenomena itu maka berdampak dalam tingkat kehidupan manusia. Fenomena tersebut membuat kebutuhan manusia semakin meningkat salah satunya yaitu kebutuhan akan transportasi dan energi listrik  untuk keperluan hidup sehari-hari. Dewasa ini sering terjadinya proses pemadaman listrik yang terjadi hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Hal tersebut perlu mendapatkan perhatian yang serius dari seluruh masyarakat indonesia karena proses pemadaman yang terjadi secara terus menerus tersebut mengindikasikan bahwa sumber energi listrik kita baik yang berasal dari perut naupun yang berasal dari bahan-bahan alternatif lain semakin langka. 


Salah satu solusi yang ditawarkan dalam mengatasi masalah kekurangan energi listrik yaitu dengan cara membuat suatu inovasi baru dengan menampung dan memanfaatkan kembali limbah yang tidak digunakan dari hasil aktifitas manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari- hari yaitu gaya pergerakan pada roda kendaraan bermoto,. Yang diberi nama dengan The Storage of Eletricity Power Based on Dynamic Electro “Step Body”  sebagai Penampung Energi Listrik Alternatif dengan Prinsip Elektrodinamika pada Pergerakan Roda Kendaraan Bermotor.
The Storage of Eletricity Power Based on Dynamic Electro ”Step Body” sebagai Penampung Energi Listrik Alternatif dengan Prinsip Elektrodinamika pada Pergerakan Roda Kendaraan Bermotor merupakan suatu rancangan alat penampung listrik yang berasal dari energi pergerakan roda kendaraan bermotor yang diubah menjadi tenaga listrik.
”Step body” sendiri adalah nama alat penampung yang terdiri dari 2 komponen utama yaitu aki dan inverter. Adapun mekanisme kerjanya adalah pertama Siapkanlah alat “Step Body” yang telah didesain, kemudian hubungkan  antara rangkaian”Step Body”  dengan dinamo pada kendaraan dengan menggunakan kabel penghubung selanjutnya Lakukanlah perjalanan dengan kendaraan bermotor yang telah dihubungkan dengan”Step Body”  tersebut, sehingga terjadi proses perubahan energi dari gerak menjadi energi listrik atas bantuan dinamo, kemudian arus yang dihasilkan oleh dinamo akan dialirkan pada kabel penghubung menuju rangkaian ”Step Body” . Arus tersebut kemudian akan ditampung pada aki. Setelah arus yang ditampung oleh rangkaian ”Step Body”  telah mencapai batas maksimum, Kita bisa menggunakan arus tersebut untuk keperluan sehari-hari. Dari hasil analisis, besar energi listrik yang dihasilkan dengan kecepatan 20 km/jam dan dengan perbandingan puli sebesar 1 : 2,8 selama satu jam adalah 30 Wh, sedangkan untuk kecepatan 50 km/jam adalah sebesar 78,1264 Wh. Inovasi ini sangat mendukung dilakukan mengingat Indonesia merupakan salah satu negara pengguna kendaraan bermotor yang sangat besar. Penggunaan kendaraan bermotor di indonesia terbatas sebagai alat transportasi yang dapat difungsikan dengan menggunakan energy yang berupa bensin, solar dan sumber energy lainya. Penggunaan kendaraan bermotor belakangan ini dianggap sebagai masalah dikarenakan sebagian sumber energy kita baik yang berasal dari fosil maupun gas alam dipergunakan untuk mengfungsikan kendaraan bermotor. Namun tidak pernah disinggung bahwa perputaran kendaraan bermotor dapat menghasilkan energy listrik.

Ket : Karya ini berhasil mendapatkan dana bantuan penelitian (PKM 2010) yang dibiayai oleh DIKTI.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...