Sahabat BlogKu

like FB

Jangan Lupa Ninggalin komentar yah....!! Thank's

Selasa, 10 Januari 2012

“NAGA NURI KU SAYANG, NAGA NURI KU MALANG”

Kalau tidak salah 5 bulan sudah kepengurusan NAGA NURI ini berjalan dengan kepengurusan baru, ya benar! Kepengurusan yang dikomandai oleh “Khair” yang kemudian disebut NCUHI. Saya rasa kita semua sepakat, jika lima bulan bukanlah waktu yang sebentar, tetapi saya rasa kita juga sepakat bahwasannya lima bulan bukanlah waktu yang ideal dalam membangun sebuah ‘peradaban’ baru. Membangun sebuah bangunan baru, bangunan yang dahulu hampir tidak terurus, bahkan hampir saja roboh. Ya, kami yakin jikalau adek-adek sekalian menyaksikan perjalanan NAGA NURI dari masa ke masa, NAGA NURI kemarin memang sedikit ‘tidur’, kurang berjalannya roda organisasi, pengembangan bersifat internal maupun eksternal juga dirasa kurang bahkan hampir dipastikan tidak berjalan optimal. Tetapi tidaklah cukup Bijaksana ketika kita harus membahas itu lebih dalam lagi, kata orang ‘yang berlalu biarlah berlalu’, cukup kita jadikan bahan evaluasi sebagai pijakan dimasa yang akan datang, ya! Masa kepengurusan saat ini.
Adek-adekku pengurus Naga Nuri, kami sangat percaya dan yakin bahwasannya adek-adek semua ingin memberikan yang terbaik buat NAGA NURI.dan kami tidak perlu ragukan itu. Dan kita semua sepakat bahwa kita harus membuat sebuah ‘peradaban’ baru. Peradaban yang lebih baik lagi, bahkan yang terbaik! Sepakat, karena itu bagian dari sebuah keinginan kami, atau bahkan hal itu juga merupakan keinginan dari adek-adek bahkan semua anggota naganuri. Tapi……….. ada sebuah hal yang mengganjal di hati kami. Sebuah pertanyaan yang kami rasa cukup wajar untuk ditanyakan, ‘apakah benar kita mampu untuk mencapainya ??’dengan keadaan seperti ini? Dengan kondisi internal seperti ini? Atau dengan begitu banyaknya permasalahan-permasalahan yang notabene nya adalah permasalahan yang timbul dari dalam NAGA NURI sendiri ?, sekali lagi mampu kah?

Jikalau boleh jujur, permasalahan yang paling mendasar dilembaga ini adalah kesadaran dan komitmen kalian. Kami terkadang gak habis pikir dengan apa yang sebenarnya ada di dalam benak adek-adek, mungkin juga kami. Kurang Disiplin waktu, kurang disiplin amanah, gak sadar akan  sebenarnya apa posisinya di lembaga ini! Gak punya sebuah gambaran yang kongkrit dilapangan, gak punya prioritas...

Maaf jikalau kami menyinggung adek-adek sekalian. Tapi memang harus ada sebuah perubahan di tubuh NAGA NURI ini. Dan perubahan itu harus dimulai dari yang paling kecil dan mendasar, Mulai dari pola hubungan antara pemimpin dan bawahan [staff], pola komunikasi dan koordinasi, coba, jangan bergaul hanya pada orang orang itu saja, jangan membuat ”kotak-kotak” di NAGA NURI, pemimpin lebih bisa mengayomi staf-staf nya, begitu juga staff dapat lebih ”manghargai” pimpinannya, dan sesama pengurus dapat lebih memahami siapa kami, dan seberapa penting posisi kami di NAGA NURI. Untuk diketahui semua punya peran yang penting, tinggal adek-adek sekalian saja yang mau berfikir, dan menjalankannya. Juga  penyatuan tujuan  sangatlah perlu untuk dilakukan.dan lain sebagainya.

Gak usah lah kita bermimpi akan membuat sebuah bangunan peradaban yang besar, membuat agenda-agenda yang ’populis’ di jogja, jikalau agenda-agenda yang  kecil saja kita enggan untuk melaksanakan atau minimal datang untuk meramaikannya, padahal Cuma tinggal melakukan ’D3’, [Datang, Duduk, Diam], gak usah lah juga buat agenda-agenda yang bisa langsung menyentuh semua lapisan mahasiswa jogja pada umumnya, kalau diri kita sendiri saja belum pernah tersentuh dengan agenda-agenda yang padahal notabene nya agenda itu kita buat sendiri. Gak usahlah kita buat agenda – agenda pengembangan kepada mahasiswa baru, kalau kita sendiri tidak pernah mau berkembang!! Pikirkan itu.

Adek-adekku sekalian termaksud kami, Coba lah untuk sedikit peduli dengan keadaan sekitar, khususnya di dalam NAGA NURI, itu saja yang kami harapkan, kami tidak akan marah ketika kami meminta klian membuat diskusi tentang masalah tambang didaerah kita namun ternyata kalian tidak melaksanakannya, kami tidak marah ketika kalian tidak memberi taukan kami tentang ada kegiatan diasrama atau kepma, terlebih kamipun tak marah jika kalian tak menampakkan batang hidung kalian di kegiatan2 NAGANURI maupun KEPMA.

Tapi, bukankah andaikan kalian melakukan kesalahan, kamilah yang terlebih dulu harus meluruskan itu! Jangan dibiarkan. Jangan kemudian adek-adek marah, tersinggung, atau apatis dengan Kritik. Jangan berlindung dibalik kalimat ”pahamilah keadaan kami ”. Maaf... sekali lagi maaf. Kita akan memahami, tapi sampai kapan? Sampai NAGA NURI ini hancur, atau sampai hati orang lain sakit karena terus-menerus MAKAN HATI! Kami sepakat ketika kita memang harus memahami, tetapi adek-adek yang lain juga ada sebuah keinginan untuk merubah nya, bukan berarti kita BEBAS melakukan apa saja lalu ketika kita berbuat salah kita mengatakan ”tolong pahami”, kalo ga memahami kita gak di anggap dewasa, ah... payah! Memang untuk merubah sebuah kebiasaan, pola pikir, tingkah laku, perlu waktu yang cukup dan tidak sesingkat yang kita bayangkan. Tetapi minimal ada sebuah sedikit usaha dari kita masing-masing  untuk merubahnya, sesuai dengan apa hal yang terbaik yang harus kita lakukan

Memang sulit merubah kebiasaan kita dari yang biasa ”kotor” tiba-tiba harus rapih, yang biasa acak-acakan lalu menata barang pada tempatnya. Merubah kebiasaan cuek kita, menjadi sedikit perhatian, gak usahlah kita mikirin orang lain dulu, minimal pikirin diri kita, apakah kita sudah benar-benar dalam melakukan apapun itu. Coba deh, please... jangan bawa ”bad habbit” anda dan menularkan nya pada yang lain. jangan nunggu di suruh, kalian masuk ke NAGA NURI bukan untuk jadi pesuruh!!!!, kalo tidak jelas TANYA, sekali lagi TANYA. Gunakan fasilitas apapun di NAGA NURI untuk bertanya, lewat media tulisan atau langsung tanya pada yang benar-benar ahli di wilayahnya. Ayolah, kalian semua masuk ke NAGA NURI yang dilihat adalah kelebihannya bukan kekurangan nya.jadi tunjukan hal itu, kalian semua tinggal pilih mau jadi PECUNDANG atau PEMENANG!! mudah memang untuk memilihnya, tapi butuh ke ketetapan hati untuk terus dapat menjalankan nya.

Terakhir Maaf jika hal ini telah melukai atau menyinggung perasaan adek-adek. Tetapi jujur, memang harus ada sebuah perubahan di NAGA NURI, jangan sampai yang membedakan antara NAGA NURI saat ini dengan sebelumnya adalah hanya pengurusnya saja. Selebihnya, ya sama saja!! Sekali lagi MAAF jika kami menuliskan hal ini. Moga-moga bermanfaat. Ingat 6 bulan lagi semua ini akan berakhir, tinggal kalian pilih apakah berakhir Hancur, atau kita AKHIRI SEMUA INI DENGAN INDAH......

10 januari / Pk 02:46 WIB.
Yang Bersedih.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...